Perjalanan

Hidup adalah perjalanan, seperti ketika Papa mengajakku berkendara dari satu tempat ke tempat lain. Hari ini aku diajak menyusuri jalan setapak persis di pinggir Sungai Martapura. Lusa, aku diajak berjalan menyusuri tanah penuh bebatuan di Batu Kambing. Minggu depannya, aku dibawa lagi ke tempat yang berbeda, memasuki hutan belantara gelap gulita. Menahan ketakutan demi ketakutan yang bertalu-talu di dalam dada dan belajar untuk percaya pada Dzat yang tak nyata, namun ada.

Bulan depannya, bukan daratan lagi yang aku jelajahi, melainkan lautan tak bertepi. Melihat biru di mana-mana, di langit dan ketika aku menundukkan kepala. Aku diminta menikmati ayunan kapal yang membabi buta di tengah tingginya gelombang. Apakah kau tahu rasanya disuruh menikmati indahnya perjalanan, sementara isi perut minta dimuntahkan?

Dari setiap perjalanan, aku tahu tak ada yang namanya perjalanan yang benar-benar mulus. Ketika menuju hutan belantara waktu itu, truk Papa sempat mogok. Waktu ke pelosok daerah dengan jalan tanpa aspal, dua ban belakang truk terbenam, tak bisa bergerak, hingga pertolongan penduduk setempat datang dan kami pun bisa melanjutkan perjalanan. Saat naik kapal pandu menuju batas lautan untuk menarik kapal ke pelabuhan, terpaan angin dan gelombang menghambat laju kapal, memabukkan dan membuat mual. Pusing di kepala bahkan tetap tertinggal hingga kaki menjejak ke daratan.

Perjalanan…,
Memang tak selalu mulus dan sesuai keinginan, tapi di setiap langkah yang dilakukan di perjalanan itu ada banyak hal yang bisa disyukuri bahwa aku hidup untuk menikmati semua itu. Di perjalanan paling sulit pun akan selalu ada peluang yang menunggu untuk ditaklukkan, teman berbagi agar perjalanan lebih ringan, dan kesuksesan yang menunggu di ujung jalan.

Hari ini hari baru di tahun baru.
Puluhan bahkan ribuan perjalanan telah menanti tuk dilalui.
Sanggupkah aku (dan juga kamu) meneruskan perjalanan ini?
Bisakah kita mencapai impian di ujung jalan sana?

Iklan

Diterbitkan oleh

monicaang

Book & Content Writer | Freelance Editor | influencer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s